Home > Artikel, Berita, Dolar, Hot News, Tokek > TOKEK Terbesar di Dunia ditemukan di Indonesia

TOKEK Terbesar di Dunia ditemukan di Indonesia


Berita dari Harian “TRIBUN” KALTIM edisi 5 Mei 2010

"TOKEK Terbesar di Dunia ditemukan di Indonesia"

TOKEK Terbesar di Dunia ditemukan di Indonesia

KAWASAN hutan yang berada di perbatasan antara Siemanggaris, Nunukan dan Serudong, Malaysia ternyata masih menyimpan berbagai potensi flora dan fauna yang selama ini belum banyak diketahui masyarakat. Baru-baru ini di perbatasan kawasan tersebut, ditemukan seekor tokek yang diklaim memiliki berat hingga 64 kilogram. Tokek tersebut ditemukan salah seorang remaja, warga negara Malaysia yang tinggal di Kalabakan, tak jauh dari perbatasan Indonesia.

Arbin, warga Tawau, Malaysia, yang sempat mengabadikan gambar tokek itu menceritakan, awalnya si remaja pemilik tokek itu berjalan-jalan di kawasan hutan. Ia memang memiliki niat untuk mencari tokek.

“Karena di Malaysia ini sedang gempar-gemparnya orang mencari tokek. Nah si remaja ini juga ikut mencari tokek ke hutan,” kata Arbin, yang ditemui di Tawau, Senin (3/5) malam lalu.

Saat sedang berburu tokek itulah, secara tidak sengaja si remaja ini menemukan tokek berukuran raksasa.

“Awalnya dia kaget juga karena besarnya seperti buaya. Setelah dilihat ternyata tokek dan dia sudah tidak bisa bergerak karena besar sekali. Tokek itu dipikul lalu dibawa pulang,” ujarnya.

Tokek itu kini masih tersimpan di rumah si penemunya, di Kalabakan. Setiap harinya, hewan tersebut harus diberi makan daging terutama hati ayam untuk dapat terus bertahan hidup.

Sebenarnya sudah banyak calon pembeli yang datang melihat langsung temuan tersebut. Namun hingga kini belum ada kesepakatan harga antara si penjual dan pembeli.

“Itu sudah pernah ditawar 2.300 juta ringgit Malaysia (setara Rp 6,4 miliar) tapi dia tidak mau lepas. Katanya mau cari orang yang boleh beli lebih tinggi lagi,” katanya.

Di Malaysia khususnya di Tawau, para remaja banyak yang menyisihkan waktunya untuk mencari tokek. Kawasan Bumi Perkemahan Pandu di Kem Tiku termasuk salah satu tempat yang menjadi tempat buruan mereka.

“Pernah waktu ada perkemahan, anak-anak di sana menangkap sembilan ekor tokek. Tapi masih kecil-kecil semuanya,” kata Arbin.

Tokek memang memiliki sejumlah manfaat. Misalnya saja dari kulitnya bisa dibuat berbagai perlengkapan pria dan wanita seperti tas, dompet dan sebagainya. Sementara ada juga manfaat tokek yang mampu mengobati penyakit asma.

Konon kabarnya di Cina dan Thailand sedang dikembangkan suatu obat HIV/AIDS yang terbuat dari hewan tokek ini. Bagian dari tokek yang dapat dimanfaatkan untuk obat adalah bagian lidahnya.

Secara tradisional, daging tokek bermanfaat untuk mengobati penyakit asma dan penyakit kulit bahkan di beberapa daerah ada yang mempercayai bahwa mengonsumsi daging tokek dapat bermanfaat sebagai obat penambah gairah seksual bagi kaum pria.

Luar biasa Indonesia yang menyimpan banyak misteri dunia. Percaya gak percaya inilah faktanya.

  1. mico
    October 24, 2011 at 8:50 am

    wew mahal amat bener gak tuh wa dirumah ada tokek tapi berat cuma 1 kg usia udah 15 tahun,,bisa dijual gak ya tuh,,,

  2. October 23, 2011 at 6:09 pm

    kern artikelnya

  3. Stephen
    August 25, 2011 at 4:42 pm

    Saya pengen cari tokek yang 5 oz atau 60cm ke atas. sila hubong di HP: 082122333284 , atau ke email : bionkoh@yahoo.com , terima kasih

  4. ian
    August 12, 2011 at 12:01 am

    ah bohong semua itu….hanya fantasi….klu bener ada kenapa gak ada di tv….harus ada vidionya dong,klu cuma foto,mana ada yang percaya….aneh!!!???

  5. mahadewi ly
    January 15, 2011 at 7:23 am

    cahyo sungkono pengen punya gaambar nih tokek gimana yuaa…:D

    • June 24, 2011 at 12:17 am

      ya di save as aja langsung mas, di ambil jg gx pa2 kx, hihihi,,
      makasi ya da kunjung disini

  6. November 11, 2010 at 8:55 pm

    ea ampun tokek sbesar buaya lo d hutan mkanya apa
    ..lngsung d jual aj keburu tokek nya mati,,dah ke banyakan umur tu tokek nya
    gax rugi juga kan lo jual sgitu

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: